Cara Membuat Blog di Blogger Gratis dan Mudah

Menulis menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan, dengan menulis kita bisa mengekspresikan hal apa saja yang kita pikirkan dan rasakan lewat tulisan. Bahkan bisa dikatakan aktivitas menulis ini merupakan salah satu aktivitas yang lagi kekinian. Bukan seperti zaman dulu yang hanya bisa menulis di dalam sebuah buku diary lengkap dengan gembok supaya nggak bisa dibaca oleh orang lain. Zaman sekarang malah justru terbalik, kita nggak lagi malu kalau tulisan kita dibaca atau sampai dikomentari oleh orang lain.


Membuat Blog dengan Blogger itu Gratis dan Mudah lho


Sudah hampir satu tahun terakhir ini saya mulai aktif menulis di dalam blog pribadi milik saya yakni, RiskaNgilan.com. Awalnya sempat ragu untuk menulis di dunia maya, namun akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat sebuah blog. Waktu itu saya memilih membuat blog dengan menggunakan Blogspot.

Kenapa menggunakan Blogger ? karena setelah saya cari informasi tentang cara membuat blog melalui Blogger adalah yang paling mudah menurut saya pribadi. Sebelum saya bahas dan ceritakan lebih lanjut tentang pengalaman saya membuat blog serta langkah – langkahnya, yuk saya jelaskan dulu apa itu blog.

Apa itu Blog dan Blogger ?


Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Masih menurut Wikipedia Blogger adalah adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Apa Manfaat dan Tujuan Membuat Blog ?


Sebenarnya apa saja tujuan kita dalam membuat sebuah blog ?. Dengan beberapa pengalaman yang saya dapatkan sejak aktif di blog saya mendapatkan banyak sekali kemudahan dan manfaat dari blog. Melalui blog kita bisa berbagi ilmu, berkualan serta bisnis, menuliskan info tentang apa saja, menceritakan pengalaman pribadi yang bermanfaat untuk orang lain dan melalui blog juga kita bisa menghasilkan uang.

Teman – teman pernah dengar tentang blog yang SEO Friendly ? sebenarnya SEO itu kepanjangan dari apa ? SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan optimasi mesin pencari agar mudah terindeks oleh mesin pencari. Ada beberapa syarat yang harus kita lakukan supaya blog kita SEO Friendly, walaupun nggak mudah dilakukan tapi bisa kita coba. Semakin SEO Friendly blog kita maka semakin terkenal dan mudah ditemukan orang – orang di mesin pencarian dan itu bisa membuat blog kita memiliki iklan berbayar langsung dari Google atau yang biasa disebut dengan Google Adsense.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendaftarkan blog kita ke Google Adsense akan saya bahas dalam postingan selanjutnya ya. Sekarang kita lanjutkan dulu tentang langkah – langkah yang biasa dilakukan agar blog kita SEO Friendly. Salah satunya kita harus membuat postingan artikel yang bagus, bagus disini termasuk bahan, materi dan tulisannya yang berbobot. Sehingga ketika dicari di mesin pencarian oleh orang – orang blog kita akan muncul di halaman pertama Google.

Yang jelas bagaimana cara membuat blog melalui Blogger itu sangat mudah dan gratis. Kita hanya tinggal mengikuti beberapa langkah petunjuk sebelum blog kita siap untuk digunakan. Teman – teamn juga nggak perlu khawatir karena semua proses pengaturan dan settingnya sudah saya jelaskan lengkap dalam video turorial ini sehingga semakin memudahkan kalian untuk membuat blog dengan otodidak. Selamat menonton dan semoga membantu ya

VIDEO CARA MUDAH MEMBUAT BLOG DI BLOGGER GRATIS DAN MUDAH


Artikel Terkait

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis dan Mudah
4/ 5
Oleh

2 komentar

4 Februari 2016 pukul 07.53 delete

Wah...aku tertarik dengan tema tentang google adsense Mba.. Kapan ditulisnya Mba? Aku mau banyak belajar ttg google adsense...

Reply
avatar
10 Februari 2016 pukul 03.43 delete

Segera ya, Mbak :) ditunggu saja.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yaa..